About

Halaman

Senin, 28 Januari 2013

SISTEM PENGISIAN PADA MOBIL

Hai sahabat blogger di manapun anda berada, semoga anda selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Kali ini saya akan bercerita tentang sistem pengisian pada mobil. Sistem pengisian adalah sistem kelistrikan pada kendaraan baik mobil atau sepeda motor untuk mengisi arus listrik ke dalam aki, atau bisa disebut dengan alat charger di kendaraan. Selain itu sistem pengisian juga berfungsi untuk menyuplai arus listrik pada kendaraan saat mesin telah hidup. Jadi sistem pengisian pada kendaraan sangatlah penting , karena kebutuhan listrik pada kendaraan sangat dibutuhkan pada mesin dan kebutuhan aksesories kendaraan lainnya. Jika tidak ada suplai listrik , maka mesin tidak dapat hidup. Dan jika tidak ada suplai listrik pada kendaraan ,maka lampu , tape , dan aksesories lainnya tak akan dapat menyala. Sementara seperti telah kita ketahui, bahwa suplai listrik dari aki tidak akan bertahan lama, karena listrik yang ada pada aki sangat terbatas jumlahnya dan dapat habis bila tidak di charge, karena itulah sistem pengisian sangat diperlukan pada kendaraan.

Rangkaian sistem pengisian pada mobil.


Sistem pengisian pada kendaraan terdiri atas komponen - komponen sebagai berikut :
  1. Alternator sebagai pembangkit tenaga listrik.
  2. Regulator sebagai pengatur tegangan yang dihasilkan oleh alternator.
Cara kerja sistem pengisian secara umumnya adalah sebagai berikut :

Alternator pada mobil menerima putaran dari mesin karena pulli pada alternator di hubungkan dengan crankshaft, sehingga bagian rotor dari alternator akan berputar dan menghasilkan listrik . Listrik yang dihasilkan tersebut akan dialirkan ke regulator untuk diatur tegangannya sebelum di suplai ke komponen - komponen yang membutuhkan suplai listrik. Kelebihan suplai litrik akan dialirkan ke aki sekaligus untuk mencharge aki.

Demikianlah pengenalan sistem pengisian dan juga cara kerja sistem pengisian pada mobil. Terima kasih atas kunjungan anda, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar